Lapak Cantik Laris Manis, dari Visual sampai Creative Campaign

Blog-TopSellerEcommerceIndonesia-04-Lores.jpg

Jika saudara mengetik satu nama barang di e-commerce favoritmu, seringkali muncul banyak barang yang serupa dalam satu halaman atau bahkan lebih. Produk yang hampir sama dengan range harga yang juga tidak jauh berbeda, mana yang biasanya saudara pilih?

Mungkin jawaban saudara bisa menjadi acuan untuk bagaimana seharusnya saudara memperlakukan lapak digitalmu… Sama seperti fasad toko fisik sebuah brand, sebisa mungkin mereka buat berbeda dengan toko di sebelah kiri dan kanannya. Entah dengan desain interior yang one of a kind, atau bisa juga menyalakan lampu seterang-terangnya. Apapun, selama mata calon pembeli tertuju pada toko tersebut.

Serupa namun tak sama, toko digital dalam jejaring e-commerce juga harus bersaing dengan barang yang ada di samping kiri dan kanannya. Akan tetapi persaingan yang ada menjadi lebih ketat, karena seperti yang kita ketahui kompetitor saudara juga ada di atas, bawah, dan bahkan barang serupa lainnya yang ada di dalam satu halaman pencarian calon pembeli.

Kompetisi di dalam pasar digital ini bukan merupakan hal yang baru. Sudah lebih dari sewindu, e-commerce terus bertumbuh dan belum ada tanda-tanda layu sama sekali. Beriringan dengan kenyataan di dunia maya ini, AHA Commerce hadir dan ingin membagikan beberapa tips yang dapat saudara lakukan agar lapak saudara cantik dan laris manis.


Visual Anti Gagal, Pembeli Enggak Lagi Cek Toko Sebelah

Kalau penataan barang pada toko offline harus apik, di toko online pun demikian. Pertama, tentunya perlu ada foto produk yang baik, dan akan lebih ciamik jika foto tersebut merupakan visual dari produk aslinya. Bantuan fotografer ahli? Jika ada budget lebih, go get it!

Kedua, apabila calon pembeli sudah klik produkmu, kemungkinan besar ia ingin mengetahui lebih detail tentang barang tersebut. Taruh deskripsi yang jelas tidak hanya pada bagian yang disediakan e-commerce, melainkan juga pada foto barang! Lakukan edit sederhana pada visual barang di slide foto pertama, berikan deskripsi singkat yang paling penting mengenai produk tersebut. Deskripsinya kurang lengkap? Letakkan pada slide kedua.

Video Unboxing, Kenapa Tidak?

Slide pertama dan slide kedua sudah mempercantik lapakmu. Sekarang, sempurnakan dengan video unboxing! Dunia maya secara tidak langsung membangun jurang ketidakpercayaan antara pembeli dan penjual, terutama karena mayoritas penyedia barang ini tidak terlihat secara fisik. Video unboxing akan membuat produk yang saudara jual jadi terlihat lebih nyata, sehingga jurang tersebut dapat perlahan hilang.

Creative Campaign, Mainkan Beragam Idemu

Dari foto sampai video, visual anti gagal sudah tercipta, apa lagi yang bisa membuat lapak saudara laris manis? Bagaimana membangun sebuah jembatan antara jurang yang tadi disebutkan? Mainkan beragam idemu dan jadikan nyata dalam creative campaign!

Di antaranya adalah program bundling produk yang bisa membuat calon pembelimu merasa lebih untung dengan membeli barangmu. Selain itu, konten live stream juga sekarang sudah semakin marak dan tentunya bisa saudara manfaatkan agar nilai produkmu menjadi semakin berharga.

Blog-AhaCommerceIndonesia-Brasov.jpg

Sebagai E-commerce Enabler terbaik di Indonesia, AHA Commerce mengerti betul bagaimana beratnya persaingan di pasar digital. Sehingga berbagai tips di atas tidak hanya AHA Commerce sajikan dalam bentuk tulisan, akan tetapi kami juga menyediakan jasa tersebut untuk saudara.

Dengan misi untuk memberdayakan brand membuat perbedaan di dunia, AHA Commerce ingin menjadi enabler bagi bisnis online saudara. Menjadi top seller dalam waktu 100 hari? Atau peningkatan omzet sebanyak 17,7 kali lipat? Mungkin saudara ingin membaca blog kami sebelumnya yaitu, β€œ100 Hari Menuju 2021, Yuk Jadi Top Seller Jutawan di Penghujung 2020.”

Yuk #TumbuhSuksesBersama AHA Commerce, jadikan lapak digitalmu cantik dan laris manis, sehingga calon pembelimu enggak cek toko sebelah!

Previous
Previous

Lazada Menilai Kinerja AHA Commerce Semakin Excellent

Next
Next

AHA Commerce Dianugerahi Certificate of Excellence dari Lazada Certified Partner Program